Hujan, Tim Respon Antisipasi Genangan Disiapkan


JAKARTA, MP - Gubernur DKI Fauzi Bowo mengatakan Pemprov telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi kemacetan yang terjadi akibat genangan yang muncul akibat hujan deras akhir-akhir ini, seperti pada Jumat (8/1) malam kemarin yang menimbulkan genangan di 10 titik di wilayah DKI.

Begitu pula dengan perbaikan dan pembersihan drainase yang telah mulai dilakukan dan telah mulai menunjukkan hasilnya. "Saya juga memperhatikan masih adanya genangan. Tapi silakan diperhatikan, genangan sudah lebih cepat menghilang," ujarnya di Balaikota Jakarta.

Namun menyadari dampak luas dari curah hujan yang tinggi itu, Pemprov DKI juga menyiapkan tim respon cepat untuk mengantisipasi genangan air yang timbul dan mengakibatkan kemacetan.

"Tim ini akan bersiaga hingga 24 jam. Ada 600 personil dalam dua shift, pukul 06.00-13.00 dan 13.00-19.00. Jika genangan dan kemacetan terjadi diluar jam itu, yang bertugas adalah shift pagi," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Riza Hasyim di Jakarta, Jumat.

Tim respon itu merupakan tim gabungan antara Polda Metro Jaya, Dinas Pekerjaan Umum serta Dinas Pertamanan dimana seluruh instansi itu akan bekerjasama untuk mengurai kemacetan dan menangani genangan air.

"Ketika kemacetan terjadi akibat banjir, maka Polda dan Dishub akan bekerja sama mengalihkan arus lalu lintas," kata Riza.

Sedangkan Dinas PU Tata Air bertugas menyiapkan pompa portabel untuk mengeringkan air di kawasan yang terkena genangan sementara Dinas Pertamanan memiliki tanggung jawab untuk membersihkan pohon tersebut.

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Kamis malam telah memunculkan genangan di 10 titik diseluruh Jakarta antara lain di Jalan Arteri Pondok Indah dengan genangan setinggi 30 sentimeter dan Jalan Gandaria arah Kostrad 40 sentimeter.

Genangan setinggi 40 sentimeter juga terjadi di Jalan Kemang Raya dekat Apartemen Mansion Kemang Jakarta Selatan, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Bundaran Senayan serta di Jakarta Timur, genangan setinggi 30 sentimeter muncul di Jalan Kebon Nanas, Jalan DI Panjaitan, dan MT Haryono. (cok)


Posted by putu | di 14.00

0 komentar:

Posting Komentar