Akibat Hujan 150 Ribu Meter Persegi Jalan Rusak


JAKARTA, MP - Hujan deras yang mengguyur Jakarta merusak sedikitnya 150 ribu meter persegi jalan di ibukota karena genangan air merusak lapisan aspal, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Budi Widiantoro di Jakarta, Senin. "Jumlah jalan yang rusak sekitar satu persen dari seluruh jalan arteri," katanya.

Total jalan arteri di Jakarta adalah 15 juta meter persegi, sementara total jalan mencapai 40 juta meter persegi yang terdiri atas jalan yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Budi mengakui, jalan yang rusak itu kebanyakan terbuat dari aspal "hot mix" sehingga saat tergenang air mudah berlubang dan bergelombang.

Budi memperkirakan jumlah jalan yang bergelombang itu mencapai lima persen dari total jalan arteri atau sekurangnya 750 ribu meter persegi.

Jalan yang bergelombang tersebut harus dilapis ulang agar tidak membahayakan pengendara kendaraan yang lewat di atasnya namun tidak dapat dilakukan dalam waktu dekat karena masih musim hujan.

"Jika memungkinkan cuacanya bagus kita akan lakukan perbaikan. Tapi itu hanya dapat dilakukan malam hari agar tidak mengganggu arus lalu lintas," ujar Budi.

Tahun ini, anggaran perbaikan jalan dalam APBD 2010 adalah Rp300 miliar, lebih besar dari APBD 2009 yang nilainya sebesar Rp258 miliar.

Tapi jumlah tersebut dinilai belum cukup karena perbaikan total jalan di Jakarta diperkirakan membutuhkan dana hingga Rp400 miliar.

Dinas PU akan mengganti aspal "hot mix" yang digunakan selama ini dengan aspal beton yang lebih kuat tapi pengerjaannya membutuhkan waktu lama sehingga membutuhkan perhitungan pengaturan lalu lintas yang cermat.

"Proses pengerjaannya sekitar 28 hari, tapi kalau jalan ditutup selama itu maka lalu lintas akan terganggu," kata Budi.

Berdasarkan data Dinas PU DKI, jalan telah diperbaiki mencapai 858.817 meter persegi dimana 2.882 meter persegi diantaranya diperbaiki dengan betonisasi karena rusak parah seperti Jalan Kwitang, Jalan Matraman Raya, Jalan RE. Martadinata, Jalan Yos Sudarso dan Jalan Warung Buncit.

Sedangkan 18.582 meter persegi lainnjya diperbaiki dengan melakukan pelapisan (layer).

Beberapa jalan yang mengalami kerusakan dari pantauan Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya adalah Jl Pondok Gede arah Garuda Jakarta Timur; Lapangan Tembak Senayan, Jl Matraman dan TL Golden arah Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Di Jakarta Utara, kerusakan jalan terjadi di Jalan Teluk Gong dari Bandengan terusan sampai dengan BHI dan Jalan raya Cacing pintu tol Rorotan II arah ke utara sedangkan di Jakarta Barat kerusakan jalan terjadi di Jalan Ring Road Raya Cengkareng.

Di Jakarta Selatan kerusakan jalan terjadi di Jalan Rasuna Said dekat patung 66 arah utara, Jalan Sultan Agung sampai dengan Mako Pomdam Jaya, Jalan TB. Simatupang arah ke timur SPBU dan di perlintasan kereta api (KA) bawah fly over (FO) Jagakarsa.(red/*ant)


Posted by putu | di 14.30

0 komentar:

Posting Komentar